-->
MGRaLGp4MaZ6Nqx9NqF4MWBbLCMkyCYhADAsx6J=
iklan banner
MASIGNCLEANSIMPLE103

Rekomendasi Web Hosting Murah Indonesia Terbaik 2020



Jika kamu serius ingin membuat website professional, kamu harus memiliki web hosting handal terlebih dahulu.

web hosting handal tidak hanya memiliki server yang cepat dan server tidak sering down, tapi juga harus memiliki customer service yang jempolan.

Nah, permasalahannya adalah ada banyak sekali penyedia layanan hosting di Indonesia baik yang menyediakan harga murah (sangat murah sekali, malah jatuhnya murahan) hingga yang mahal banget.

Pilih yang mana dong?

Beberapa tahun kebelakang, saya aktif membeli hosting di berbagai penyedia layanan hosting lokal tujuannya adalah untuk meng-online-kan web dan project saya. Saya pernah membeli Hosting Murah (Murahan) sampai yang lumayan mahal --- Kenapa gak pakai VPS saja? - untuk VPS kita bahas lain waktu ya...

Dari pengalaman tersebut, saya menemukan hal unik dan macam-macam dari mulai Web tidak bisa di akses di jam tertentu, Down-Up terus dalam beberapa menit, hingga hosting yang tiba-tiba tersuspend  karena kelebihan bandwidth padahal tertulis paket Unlimited Bandwidth - belakangan saya tahu, Unlimited itu tidak ada. HAHA


Kenapa cari Hosting Indonesia? kalau Hosting luar negeri sudah jelas top?

Keneapa? ya jelas karena bahasa dari customer service-nya. Problematika dalam webhosting cepat atau lambat pasti akan terjadi, entah itu down, suspend, cpanel tidak dapat di akses dsb. Nah, keuntungan menggunakan Web Hosting Lokal adalah kita bisa dengan mudah faham dan mengobrol santuy dengan kakak-kakak dari customer service.

Web Hosting bagus dinilai dari segi apanya?

Untuk memilih web hosting terbaik, kita harus memperhatikan beberapa aspek yang ada di dalam pelayanan web hosting tersebut, berikut ini adalah penilaian yang harus diperhatikan oleh calon penyewa layanan Hosting, -- malah kalau saya bilang, ini wajib ada.

1. Customer Service Ready 24 Jam

Ini adalah penting sekali, sisi paling krusial yang harus ada dalam sebuah layanan web hosting. Kenapa? 

Jadi begini, kita tidak pernah tau web kita bakal down kapan, hari apa, jam berapa dan tanggal berapa. Bisa saja, pukul 00.00 tengah malam web down, atau bahkan menjelang subuh web down. Untuk bisa memastikan penyebab web kita down ya cuma dari customer service. Kita bertanya kepada mereka.

Coba bayangkan, pukul 03.00 Dinihari, web kita down, ternyata bertanya ke customer service tidak dijawab mau tanya via email dibalas besok? - lah terus piyee.

2. Terms of Service JELAS

Nah ini juga sangat penting sekali, cari penyedia layanan hosting yang benar-benar menjelaskan terms of service-nya. Peraturan yang mereka miliki harus jelas dan gamblang juga kita sebagai calon penyewa layanan hosting harus jeli dan teliti ketika membaca Rulesnya. Jangan sampai kita menyesal setelah membayar hosting.

3. Jaminan Server Uptime sampai 99.99%

Kok gak 100& aja? yaaah kita tau lah, tidak ada yang sempurna, begitu juga dengan server yang dibuat oleh manusia, pasti ada saja kendala yang bisa terjadi.

Jaminan uptime ini sangat penting sekali mengingat ketika kita ingin membuat suatu website professional yang bakalan dijadikan portofolio atau toko online kok tiba-tiba di akses gak bisa alias down? siapa yang dirugikan? ya kita sendiri. 

Maka dari itu, Jaminan Server Uptime 99.99% ini WAJIB ada di layanan penyedia hosting.

5. Memberika Garansi

Tidak cuma barang fisik saja yang membutuhkan garansi, hosting juga membutuhkan garansi. Hosting yang profesional harus menyediakan garansi untuk usernya, kenapa? problem pada hosting yang bukan karena ulah user, ini sangat merugikan. Maka dari itu, garansi harus ada

4. Menyediakan Afiliasi

Nah, kalau ini optional sih, karena jika kamu mungkin ingin mencari sedikit recehan dari layanan hosting, ini bisa menjadi salah satu pilihan menarik. Di Indonesia sendiri beberapa layanan hosting memberikan afiliasi, dimana jika kita mendaftar sebagai afiliator disana, kita akan mendapatkan komisi beberapa persen dari paket yang terjual oleh kita.

Berikut Rekomendasi Layanan Hosting Indonesia!


PENOMORAN BUKAN BERARTI URUTAN TERBAIK-TERENDAH ATAU TERENDAH-TERBAIK. INI HANYA UNTUK MEMUDAHKAN SAJA.

1. Niagahoster - KLIK DISINI UNTUK DAFTAR

Niagahoster adalah layanan hosting Indonesia yang termasuk paling rekomendasi at least for me. Kenapa? Saya sudah beberapa tahun menggunakan Niagahoster dan No Kendala sama sekali. Pernah sih mengalami kendala yaitu hosting tersuspend dikarenakan melebihi Fair Use, tapi dengan menghubungi customer service yang ready hampir 24Jam, problem tersebut langsung teratatsi.

Alasan:
  • Uptime 99%
  • Menyediakan SSL Gratis walau dengan paket paling rendah.
  • Unlimited Storage dan Bandwidth walau paket paling rendah (tentu dengan fair use)
  • Customer Service hampir 24 Jam dan Responsive
  • Paket Hosting dimulai Rp.10.000 Perbulan, setidaknya saat tulisan ini dibuat.
  • Garansi 30 Hari

2. Hostinger ID

Hostinger ID sebenarnya layanan hosting dari luar Negeri yang membuka cabang di Indonesia (mungkin). Saya juga pernah menggunakan layanan hosting ini dan cukup memuaskan. Jika hanya untuk blogging saja. Customer service ready hampir 24jam dan support beberapa keperluan untuk developer

Alasan:
  • Uptime 99%
  • Menyediakan SSL Gratis
  • Unlimited Storage dan Bandwidth (Fair Use)
  • Customer Service Ready hampir 24 Jam
  • Paket Hosting mulai dari Rp.8000an perak
  • Menyediakan Garansi

3. DewaWeb

Fitur yang dimiliki DewaWeb sebetulnya mirip dengan hosting yang sudah kita bahas diatas, tapi untuk dewaweb, mereka lebih "jujur" terhadap produk apa yang bakal di dapatkan oleh pelanggan, artinya begini, ketika hosting yang sebelumnya kita bahas mereka memberi "Unlimited Storage dan Bandwidth" tapi sebenarnya itu tidak unlimited, DewWeb dengan gamblang dan jelas memberikan kepastian Storage yang dia beri kepada pelanggan walau dengan paket rendah.

Apa ini berpengaruh dengan performance? gak juga sih. Hanya saja, ini lebih jelas saja.

Alasan:
  • Server Uptime 99%
  • Menyediakan SSL Gratis
  • Storage Lebih di Perjelas
  • Customer Service ready
  • paket hosting dimulai dari Rp.20.000
  • Menyediakan Garansi

4. Ardetamedia

Layanan web hosting ini terbilang jempolan, saya sudah pernah menggunakan jasa dari web hosting ardetamedia dan hasilnya cukup memuaskan, walaupun kebetulan saat itu web yang saya hosting disini tidak mencapai visitornya puluhan ribu. Well, at least untuk pemula ini cocok, apalagi range harga dimulai dari 10.000an perbulan.

Alasan:
  • Storage menggunakan SSD
  • Customer Service Responsive
  • Paket hosting dimulai dari harga 10.000 
  • SSL Gratis
  • Bergaransi
Well, setidaknya ini layanan shared hosting mereka cocok untuk kita yang sedang belajar ngeblog.


5. IDWebhost

Bisa dibilang idwebhost adalah pemain lama yang sudah mentereng di dunia per-hosting-an. Laynan idwebhost tidak bisa dianggap enteng, mereka betul-betul menjaga reputasi, nama baik, dan layanan itu sendiri.

saya pernah menggunakan layanan ini dan hasilnya memuaskan. Mereka betul-betul transparan dalam memberikan paket kepada pengguna. Tidak ada istilah "Unlimited" tapi ternyata "GAK Unlimited" hehe... paham?

Alasan:
  • Fitur dari paket mereka betul-betul jelas dan terbuka.
  • Customer Service Responsive
  • Paket hosting dimulai dari 9.900/perbulan.
  • SSL Gratis

KESIMPULAN


Kesimpulannya, pilihan hosting lokal sudah mulai banyak dan kualitasnya HAMPIR semuanya bagus. Jangan dibandingkan dengan hosting luar yaa, dari segi harga sudah pasti berbeda jauh. Artinya, kita sebagai pengguna yang harus bijak memilih dalam mengambil paket hosting, jangan sampai kita salah pilih paket hosting, inginnya banyak visitors tapi pake jasa hosting yang murah (dan murahan) giliran down, marah-marah. 

Okedeh sekian ya
Share This Article :
trytosleep
*Silakan berkomentar dengan baik dan benar

*Dilarang menggunakan kata kasar di kolom komentar

*Dilarang menggunakan Link Aktif, jika ingin bertukar Link ada sendiri Page-nya.

*Dilarang jual obat dll di kolom komentar.

*Karena banyaknya komentar yang melanggar peraturan, kami menggunakan safelink untuk melindungi link yang keluar dari blog ini.

*harus menggunakan Akun Google+
5239997072742594629