Seberapa Tinggi Manusia bisa Membangun Bangungan Tinggi?

Manusia sudah membangun bangunan super tinggi yang berada di Dubai, yaitu Burj Khalifa. Kini manusia terus berlomba-lomba membangun bangunan tertinggi mengalahkan bangunan yang lama. Apakah manusia akan membangun bangunan sampai ke luar angkasa? Kita tunggu saja kedepannya.

courtesy: Kok Bisa

Setiap tahun manusia membangun bangunan yang tinggi, mengalahkan bangunan yang lama. Belum ada yang tau seberapa manusia akan bisa membangun bangunan tertinggi. Meskipun begitu, menurut ahli manusia bisa membangun bangunan lebih tinggi 1 Meter dari pada gunung Everest. Itupun nggak seperti yang kita bayangkan, umumnya pasti mengalami tantangan supert sulit untuk melewati tersebut.

Tantangan

Tantangan yang sangat di khawatirkan adalah Angin.

Angin yang kita nikmatin di bawah sini, bahkan bisa untuk tidur nyenyak di bawah pohon sama pacar bisa berakibat fatal diatas sana. Seperti halnya pohon, bangunan tinggi juga bergoyang ketika di terpa angin yang sangat kuat. Makadari itu, banguna super tinggi harus memiliki pondasi yang super kuat dan struktur inti yang super hebat, sehingga mampu menahan terjangan angin yang kencang.

Tantangan selanjutnya, Elevator.

Karena tingginya bangunan, tangga bukanlah pilihan yang tepat untuk gedung super tinggi ini. Faktnya, elevator hanya mampu mengangat setinggi 600M, lebih dari itu, elevator akan jatuh akibat bebannya sendiri.

Tantangan berikutnya adalah, Bangunan itu sendiri.

Kita tidak bisa membuat banunan sama persis dengan bangunan sebelumnya dengan hanya membuat versi lebih besarnya saja. Bangunan akan ambruk karena bebannya sendiri. Untuk itu kita harus menggunakan struktur yang ringan namun kuat.

Tantangan yang paling berpengaruh, Biaya.

Sekalipun Manusia bisa melewati tantangan diatas, soal biaya masih menjadi alasan utama kenapa kita nggak bisa membuat bangunan tinggi. Untuk membuat banguna yang super tinggi, tentunya membutuhkan biaya yang super mahal, untuk contohnya ketika tulisan ini di buat, gedung tertinggi yang kita kenal sebagai BURJ KHALIFA, menelan biaya 1,5 M dollar uang segitu bisa kita belikan 5 ribu mobil lamborghini, atau triluyan kilo daging biawak yang setelah di beli entah mau di makan siapa.



Sekalipun tantanganya bejibun, tidak menghalangi manusia untuk terus berinovasi membangun bangunan super tinggi ini. Kabarnya, manusia sedang merencanakan proyek elevator angkasa. Meskipun terdengar mustahil, secara study elevator angkasa sangat mungkin di buat di masa depan.

2 comments

*Silakan berkomentar dengan baik dan benar

*Dilarang menggunakan kata kasar di kolom komentar

*Dilarang menggunakan Link Aktif, jika ingin bertukar Link ada sendiri Page-nya.

*Dilarang jual obat dll di kolom komentar.

*Karena banyaknya komentar yang melanggar peraturan, kami menggunakan safelink untuk melindungi link yang keluar dari blog ini.

*harus menggunakan Akun Google+
EmoticonEmoticon