Test CPNS 2014, 100 Unit Komputer Menggunakan Sistem Operasi Linux Mint

100 Unit Komputer dengan Linux Mint 17

Linux Mint di pakai lembaga instansi?? YUP, kali ini SMK Negeri 3 Metro yang melakukannya.

Sudah sejak lama SMK Negeri 3 Metro terpilih menjadi tempat test CPNS di wilayah Metro, bukan hanya test CPNS melainkan test guru juga pernah di lakukan disini, selain akses ke SMK Negeri 3 Metro terbilang mudah tidak jauh dari pusat kota, SMK Negeri 3 Metro juga memiliki fasilitas yang cukup memadai.
Test Jaringan

Namun, ada yang berbeda pada test CPNS tahun ini, Sistem Operasi yang di gunakan para peserta tidak lagi menggunakan Microsoft Windows, melainkan di ganti Menjadi Linux. Yup! Linux, para panitia memilih Linux karena mereka bebas Lisensi. karena bisa di bayangkan berapa yang harus mereka bayar ke Microsoft jika 100 Unit Komputer peserta terinstall Windows Original.

"Kita menggunakan Linux, selain gratis dan mudah di download, OS ini juga bebas Virus" - Kata Salah satu panitia test CPNS.

Untuk distro Linux yang di gunakan adalah menggunakan Linux Mint 17 "Qiana" dengan Desktop Cinnamon.
"Desktop Cinnamon lebih friendly menurut kami, tidak terlalu memakan resource processor" - kata Anang selaku panitia test CPNS

 Untuk Server sendiri, SMK Negeri 3 Metro menggunakan Windows Server.
"Server, kami menggunakan Windows Server, karena waktu yang mepet" - kata Pak Deddy, selaku guru SMK Negeri 3 Metro. Mungkin jika menggunakan Linux setting yang terlalu rumit dan troubleshooting yang lumayan susah menjadi momok tersendiri pagi Teknisinya.



*Silakan berkomentar dengan baik dan benar

*Dilarang menggunakan kata kasar di kolom komentar

*Dilarang menggunakan Link Aktif, jika ingin bertukar Link ada sendiri Page-nya.

*Dilarang jual obat dll di kolom komentar.

*Karena banyaknya komentar yang melanggar peraturan, kami menggunakan safelink untuk melindungi link yang keluar dari blog ini.

*harus menggunakan Akun Google+
EmoticonEmoticon